Rabu, 28 November 2012

Kesalahan Pada Artikel

KUALITAS dan kredibilitas suatu media tercermin tidak hanya dari konten, melainkan kebahasaan. Sampai sejauh ini berita-berita yang kita simak atau saksikan di media cetak, internet, maupun televisi, sudah sebaku yang orang-orang awam bisa bayangkan. Tapi ada beberapa hal yang ternyata tidak sesuai kaidah Bahasa Indonesia baku, namun kekeliruan yang barangkali berangkat dari ketidaktahuan dan kecuekan itu terus berlangsung.


Beberapa media yang kerap kali tidak memperhatikan kebahasaan akan mendapat penyepelean dari ahli atau mahasiswa kebahasaan atau orang-orang yang melek tata bahasa Indonesia. Sementara di sisi lain, fungsi utama media adalah menginformasikan berita. Tiada peduli bagaimana mereka menyampaikan, yang penting KENA.

Berikut ini beberapa kesalahan umum berbahasa Indonesia yang dilakukan media massa. Ini hanya berdasar sepengetahuan saya saja dan semoga bermanfaat.

Salah Ketik

Ini adalah tingkat paling fatal dalam penulisan. Apalagi untuk konsumsi media massa profesional seperti koran. Beda halnya dengan opini atau blogger yang memang identik dengan menulis tanpa membaca ulang kembali tulisannya. Berikut contoh kesalahan dalam paragraf di media massa online baru-baru oni. Eh, INI!



contoh artikel media massa online.
wanasedaju.blogspot.com


Salah Ketik Judul Headline


Simak contoh judul artikel berikut ini.

Harian cetak. foto: facebook.com


media massa online. Foto: adiwirasta.blogspot.com


Penulisan Judul Kata Hubung

Kata hubung dalam judul harusnya huruf kecil semua. Tapi lihat bagaimana tayangan televisi tidak mengindahkannya. Sempat menyaksikan tayangan semacam Uya Memang Kuya dengan ketidakkonsistenan pemakaian teks bahasa sih, masih bisa diterima. Toh tayangan itu main-main dan berselera "rendah". Tapi bagaimana kalau itu dilakukan

Kata hubung yang sering menjadi bagian dari judul tulisan adalah: YANG, KARENA, dan DENGAN. Beberapa media konsisten menggunakan kata hubung lain yang jauh lebih banyak untuk dirumuskan serupa. Tapi lebih banyak yang tidak konsisten karena kepentingan komunikasi jurnalistik atau ketidaktahuan penulis.

Penggunaan Di Mana

Inilah hal keliru yang paling banyak dilakukan penulis. Tidak jarang saya mengedit naskah dengan beberapa kalimat seperti di bawah ini.

Cinta adalah hal yang indah, di mana orang-orang dapat bahagia bahagia karenanya.

Penggunaan di mana dalam gramatikal di atas adalah keliru. Karena DI MANA identik digunakan dalam bahasa Inggris. Hal ini bermula dan populer dalam tulisan terjemahan Inggris ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui hanya bahasa Inggris yang mengenal bentuk di mana dalam bentuk who, whom, which atau where. Sementara di Indonesia hanya mengenal kata YANG, DI SAAT, atau KETIKA.

Jadi yang benar dalam contoh kalimat yang berisi dua klausa tak sederajat di atas adalah:

Cinta adalah hal yang indah, ketika orang-orang dapat bahagia karenanya.

Kata DI MANA dalam bahasa Indonesia lebih tepat dibubuhkan dalam kalimat pertanyaan. Misalnya:

Di mana kolor merahku? Terlalu, seseorang tampaknya sudah mengambilnya di jemuran! (curhat penulis)


Pemahaman Mengenai Memperhatikan dan Memesona

Penulis yang awam ikut-ikutan membubuhkan kata imbuhan yang selama ini populer di media. Namun hati-hati, jika tidak tahu maknanya secara gramatikal, bisa jadi tulisan itu akan dianggap minus. Mungkin kalian bingung terhadap dua kata ini. Mana yang benar. MEMPERHATIKAN ATAU MEMERHATIKAN.

Orang yang memilih MEMERHATIKAN, mengambil rumus bagaimana kata berawalan P akan luluh dengan imbuhan me-. Me dengan pesona, akan menjadi memesona. Bukan mempesona. Lalu bagaimana dengan MEMPERHATIKAN? Memperhatikan punya kata dasar HATI. Jadi imbuhan yang ada adalah MEMPER- dan akhiran -AN. Memperhatikan berarti melihat seseorang dengan sangat hati-hati, teliti, dan saksama.

Tapi KBBI ternyata tidak konsisten. Dalam KBBI edisi terbaru, PERHATI dijadikan kata dasar. Artinya yang benar kemudian adalah MEMERHATIKAN. Jadi terserah Anda mau menggunakan yang mana.

Yang jelas gara-gara ini banyak penulis yang keliru dalam menerapkan beberapa kata berimbuhan seperti MEMERLAKUKAN, MEMPERCAYAKAN, dan lain-lain.

Kebingungan Menggunakan Kata Di

Sewaktu menjadi editor harian lokal, banyak wartawan yang keliru dalam menuliskan kata yang berawalan di. Meski beberapa kali dijelaskan, namun ternyata kesalahan yang sama terus berlangsung. Yang harus dipahami adalah DI bisa menjadi kata hubung, bisa pula menjadi imbuhan.

MENJADI KATA HUBUNG jika kita menilik contoh: di jalan, di jakarta, di telinga (artinya DIPISAH). Atau menunjukkan tempat atau benda. MENJADI IMBUHAN kalau DI sudah bersetubuh dengan kata dasar dan menghasilkan kata kerja pasif. Misalnya dijalani, diemut, diisap, dikangkangi (artinya DIREKATKAN).

Nominee atau Nominasi?

Lima tahun terakhir saya perhatikan, industri pertelevisian nasional semakin galau, galau, dan galau. Entah untuk tujuan meningkatkan nilai prestisius atau supaya terlihat keren. Tapi mencampurkan kosakata Inggris ke dalam kalimat bahasa Indonesia adalah "last year" (yeah, saya melakukannya barusan =,=). Padahal alangkah lebih baik jika berkalimat "Dan nominasinya adalah .." BUKAN "Dan nomineenya adalah .." atau semua harus dimoncongkan dengan english semua seperti  "And the nominees are .."

Mempunyai atau Memunyai?

KBBI terkadang enggak ada ubahnya sama alay. Kadang gini, kadang gitu. Sementara para editor bahasa memasang buku KBBI sebagai standar atau kitab suci. Dalam KBBI edisi terbaru, empu dianggap sebagai bagian gramatikal daru MEMPUNYAI. Jadi yang benar adalah MEMPUNYAI. Padahal MEMPUNYAI punya kata dasar PUNYA.

Jadi yang benar seharusnya MEMUNYAI. Karena konsisten dengan MEMENJARAKAN, MEMANGKAS (dari PANGKAS), MEMETIK (dari Petik), karena kata dasar berawalan huruf P akan rontok jika diperkosa imbuhan Me-.

Kali Pertama dan Pertama Kali

Beberapa tahun lalu sejak suatu majalah Islam memopulerkan 'frasa' baru, orang-orang mulai mengikutinya. Masyarakat Indonesia lebih akrab dengan PERTAMA KALI ketimbang KALI PERTAMA. Maka berbondong-bondong penulis memakai KALI PERTAMA yang dianggap benar. Begitu pun dengan KALI KEDUA, KALI KETIGA. Namun frasa itu ternyata hanya cocok dipakai pada bahasa Melayu. Coba kalau diterapkan di Indonesia. Itu bisa saja jadi multitafsir. Sebab KALI tidak hanya menyatakan kekerapan tindakan, tapi bisa berarti SUNGAI.

SUNGAI KEDUA, SUNGAI KETIGA .. Jadi Anda pilih mana, nih?

Penggunaan Kata Pun

Pun berarti JUGA. Tapi kata mana saja yang boleh direkatkan dengan PUN? Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, kata PUN boleh direkatkan pada kata-kata berikut: adapun, ataupun, bagaimanapun, biarpun, kalaupun, kendatipun, maupun, meskipun, sekalipun, sungguhpun, walaupun.

Bagaimana dengan yang dipisah. Kita lihat contohnya.

Aku pun pergi dengannya dan ngemut bersama. Pun disini berarti JUGA. Jadi kalimat itu bisa diganti menjadi Aku juga pergi dengannya dan ngemut di sana. Jadi PUN disini bisa diganti atau jika diperlukan pun harus DIPISAH.

Nah, di bawah ini, mana yang benar!

A. SIAPA PUN TAHU AKU IMUT!
B. SIAPAPUN TAHU AKU IMUT!
Yang benar adalah A. Karena Pun di sana berarti SAJA/JUGA. Jadi kalimat di atas bisa diganti menjadi SIAPA SAJA TAHU AKU IMUT. kalau tetap dipaksakan masuk, maka Pun harus dipisahkan dengan kata SIAPA.  Hal yang sama terjadi pada kata Apa, atau kata-kata benda.  Misalnya Kucing pun, Meong pun, Saman pun.
*
Sebenarnya masih banyak lagi. Yang paling parah sih, soal kesalahan ketik.  Nah, rupanya ketidaksadaran orang-orang terhadap pemakaian bahasa Indonesia membuat bahasa Indonesia baku yang kita semua lakukan jauh dari kesan sempurna. Bahkan membubuhkan kata hubung dalam judul saja masih kacau. Kelihatan jelas kalau fungsi ahli bahasa negara ibu sendiri kurang diperhatikan.

Sebagai manusia kita memang tidak luput dari kesalahan. Tapi begitulah pentingnya seorang editor, apalagi jika sebuah media massa tidak punya editor atau minimal admin untuk media massa online. Sampai sejauh ini koran yang memegang teguh etika kebahasaan dan EYD adalah harian Kompas. Tapi pernah pada sekira 2010-an, ada kesalahan di bagian sub judul sebuah artikel. Semoga hal itu tidak terjadi lagi.

Sejarah Game Online


Semakin berkembangnya teknologi membuat permainan game online semakin marak, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para gamers. Tapi tahukah Anda sejarah game online serta pasang surutnya dari tahun ke tahun? Ini adalah hal yang perlu kita terautama bagi pecinta game online. Nah pada artikel kali ini awalmula.com mengangkat topic khusus bagi para pecinta game online dan bagi siapa saja pada umumnya untuk menambah pengetahuan kita tentang sejarah awal mula game online.

Seperti artikel-artikel awalmula.com sebelumnya, setiap artikel berdasarkan dari berbagai sumber, bukan hanya sekedar mendengarkan cerita belaka. Dan untuk kali ini, Sejarah Game Online awalmula.com kutip dari redeyedevil.wordpress.com, semoga dapat mengobati rasa pengetahuan anda tentang awal mula sejarah game online.
Masa kejayaan
 game online pertama, ketika Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call tidak memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah yang memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memulai membuat game online mereka sendiri.

Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002
Pada masa ini perkembangan EverQuest dan Asheron’s Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.

Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan Ultima Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan datang, terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.

Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call menemukan alternatif game yang belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses, mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.

Asheron’s Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.
Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004

Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.

Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.

Kejayaan Game Online Warcraft November 2004 – Sekarang
Dimulai dengan direleasenya World of Warcraft, keadaan pasar game online berubah drastis. World of Warcraft bukan hanya sukses, namun juga memegang rekor yang sangat tinggi diantara game-game online yang bayar (Pay to Play)lainnya. Walau sebagian besar pelanggan World of Warcraft berasal dari RRC, sekarang jumlah pelanggan World of Warcraft di Eropa mencapai lebih dari satu milyar sementara di Amerika Utara sekitar satu koma lima hingga dua milyar! Kesuksesan World of Warcraft berasal dari Blizzard, yang selalu menelurkan game-game yang memberikan pengalaman bermain yang unik.

Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game online , terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.

Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema fantasi; 4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah simulasi perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori komunitas dan lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer mengendus prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.

Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh lebih besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini, seperti dengan direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula Rasa. Perusahaan-perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan menelurkan Age of Conan, Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes, Hero’s Journey, Lord of the Rings Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan Warhammer Online, dan judul-judul lainnya.

Browser Bersaing

Infografik Perbandingan Pengguna IE dan Chrome
Chrome dan Explorer Berebut Tahta Browser Terpopuler
Pengguna Internet Explorer mengalami kenaikan di bulan Juli lalu.

Belum lama, StatCounter merilis hasil penelitianya yang menyatakan bahwa Google Chrome merupakan salah satu browser populer di kalangan pengguna PC.

Sekarang, dalam laporan terbarunya, perusahaan tersebut menyatakan bahwa Internet Explorer memberikan perlawanan yang cukup ketat kepada browser milik Google tersebut.

Berdasar angka StatCounter, Chrome dinyatakan memiliki 33.59 % pengguna di seluruh dunia. Angka ini sedikit mengalami penurunan dari angka di bulan lalu, 33.81 %.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Internet Explorer mengalami kenaikan menjadi 32,85 % dari sebelumnya yang berkisar di angka 32,5 %.

Sementara itu, Browser populer lainnya, Mozilla Firefox, mengalami penurunan yang cukup signifikan dengan hanya mendapat angka 22,85 % dari angka sebelumnya 25,55 %.

Sementara itu, Safari yang merupakan browser milik Apple, berada di peringkat keempat dengan raihan 7,39 %.

Sedangkan untuk peringkat kelima masih setia diduduki oleh browser Opera dengan raihan 1,63 %.
Penulis: Neowin/Feriawan Hidayat

Skill Build Mercenary plain Barbarian

Sedikit berbeda dengan postingan-postingan saya sebelumnya, kali ini saya akan membagikan sebuah build untuk para pemain game online Dragon Nest Indonesia. Build ini berupa skill build saja jadi untuk item build dan yang lainnya tidak akan saya bahas. Class yang bersangkutan dengan build ini adalah Mercenary tipe Axe/Kapak.

 Mercenary adalah 2nd class dari Warrior setelah mengambil spesialisasi dari jalur Axe/Hammer. Pada 3rd class specialization nantinya Mercenary akan dibagi menjadi 2 Job: 'Destroyer' atau 'Barbarian'. Destroyer adalah class yang fokus pada Hammer dan superarmor breaking. Sedangkan Barbarian adalah class yang fokus pada Axe dan damage dealing. Disini saya akan membagikan skill build untuk Mercenary yang akan mengambil spesialisasi Barbarian nantinya. Karena di DN Indonesia cap level baru mencapai 24, maka saya akan membagi pengambilan skill menjadi 4: cap 24, cap 32, cap 40, dan cap 50 (Kali ini saya hanya akan membagikan build lv 24 dan secepatnya akan saya update). Saya ingatkan skill build saya tidak 100% cocok bagi anda, jadi apabila anda kurang setuju anda bisa merubahnya.
Build Level 24:

 Dari build di level 24, kenapa saya memilih untuk menaikkan Rising Slash ke lvl 6? hal ini dikarenakan Rising Slash di lvl 6 bisa dilanjutkan dengan kombo skill yang lain, untuk Mercenary kombo tersebut akan dilanjutkan di Soccer Kick Combo (seperti Dash Uppercut). Disini yang menjadi pilihan anda adalah meningkatkan Rising Slash atau tidak. Pilihan lain anda juga bisa memilih untuk tidak meningkatkan Dash Uppercut dan Soccer Kick / Soccer Kick Combo. Seperti yang dilakukan oleh build Barbarian Mr. K (Jika anda tidak tahu langsung saja klik di sini). Anda juga bisa memilih mengambil Crisis Howl ataupun Sweeping Kick karena skill-skill tersebut cukup efektif digunakan di PvP. Untuk build level 32, 40, dan 50 akan secepatnya saya update

Build Level 32:

Build Level 40:

 Build Level 50:



Jika ada pertanyaan langsung saja komen dibawah artikel ini, sebisanya akan saya jawab. Mohon maaf apabila build anda membuat anda tidak nyaman dengan karakter yang anda pakai saat ini. Dibawah ada video barbarian solo di 'manticore nest hell' (tidak memakai build ini), silahkan di buffer bila berkenan. Anda juga bisa baca artikel terbaru saya tentang Class SM Path Magic

Skill build Sword Master Plain MoonLord

Hampir sama dengan beberapa post sebelumnya kali ini saya akan membagikan build untuk pemain Game Online Dragon Nest Indonesia. Build ini adalah skill build untuk class Sword Master yang mengambil jalur magic attack dan berencana menjadi Moonlord.


 Sword Master adalah 2nd class dari Warrior setelah mengambil spesialisasi dari jalur Great Sword. Pada 3rd class specialization nantinya Sword Master akan dibagi menjadi 2 Job: 'Gladiator' atau 'Moonlord'. Gladiator adalah class yang fokus pada Physical Damage / Short Melee Attack. Sedangkan Moonlord adalah class yang fokus pada Magic Damage / Medium Ranged Attack. Di artikel ini saya akan membagikan skill build untuk Sword Master yang akan mengambil spesialisasi Moonlord nantinya. Build ini saya bagi menjadi 3: Level 24, Level 40, dan Level 50 (karena di Indoensia tidak ada cap 32). Build ini merupakan build yang fokus di PvE dan Half Hybrid (Mengambil beberapa skill fisik, tidak semua).
Build Level 24:

 Dari build di level 24 ini saya rasa sudah jelas mengapa saya meningkatkan 'Rising Slash' ke level 6 (Dua kali serangan disambung ke 'Aerial Slash'). Alasan mengapa 'Circle Break' / 'Destructive Swing' tidak saya ambil adalah karena cooldownnya yang sangat lama untuk ukuran skill dasar, alasan kedua adalah karena build ini merupakan Magical Based Build. Mengapa mengambil 'Deep Straight' / 'Forward Thrust'? Skill ini merupakan skill terakhir dimana prequirementnya hanya membutuhkan 1 level saja dan bisa dikombo dengan Eclipse, disamping itu 'Aerial Slash' yang merupakan skill prequirement dari 'Forward Thrust' skill yang wajib dimiliki kecuali anda lebih memilih Pure Magical Build. Di level 24 skill Sword Master tidak banyak dan cooldownnya juga cenderung lama, maka mengambil kedua jalur di level ini merupakan langkah yang cukup baik. 'Sweeping Kick' tidak saya ambil karena build ini merupakan build yang fokus pada PvE saja.

Build Level 40:

Di build level 40, anda harus meninggalkan skill-skill fisik seperti 'Hacking Stance' dan 'Line Drive' / 'Rage'. Mulailah untuk fokus pada skill-skill magic besarkan semua skill magic kecuali 'Cyclone Slash' tinggalkan di level 3 saja karena skill ini digunakan hanya sebatas untuk melakukan Crowd Control dan Disabling saja. Maksimalkan Parrying Stance untuk menambah kemampuan bertahan.
Build Level 50:



Di build level 50, tingkatkan 'Moonlight Splitter' hingga level 11 saja (tidak perlu dimaksimalkan ke level 12) untuk persyaratan mendapatkan skill 'Moonlight Splitter EX'. Sedangkan skill magic lainnya maksimalkan kecuali 'Cyclone Slash'. 'Parry' tinggalkan di level 4 lalu maksimalkan 'Parrying Stance'. Jangan lupa untuk memaksimalkan kemampuan debuff pada skill 'Provoking Slam' / 'Luring Slice'. Untuk skill Moonlord ambil semuanya namun jangan berharap banyak pada skill 'Flash Stance', karena skill ini menjadikan karakter anda lamban dan damagenya kecil. Skill yang pasti anda gunakan setiap saat adalah 'Moon Blade Dance' dan 'Moonlight Splitter EX' karena cooldownnya yang singkat dan damagenya yang cukup tinggi
Jika ada pertanyaan langsung saja komen dibawah artikel ini, sebisanya akan saya jawab. Mohon maaf apabila build anda membuat anda tidak nyaman dengan karakter yang anda pakai saat ini. Seperti biasa dibawah ada video solo Moonlord yang bisa anda jadikan referensi untuk meningkatkan kemampuan combo dan playstyle anda.

Build Troll Dalam DOTA

INTRO


Jahrakal terlalu mudah dimainkan untuk dibuatin GUIDE, tapi sejak map 6.60 rilis, ada banyak perubahan dari jahrakal, yang pasti cukup menarik buat kita pelajari.

Hero yang kita bicarakan kali ini memiliki potensi akselarasi attack speed tertinggi di game. Dengan demikian, kalau Hero ini jadi dia termasuk hero yang punya potensi paling berbahaya, paling kuat, dan mungkin paling difavoritkan semua pemain untuk digunakan sebagai pelampiasan stress kalau kalah-kalah mulu. hahaha

Tapi apa yang membuat hero ini sangat kuat kalau itemnya jadi? Ayo kita cari tahu..



Spoiler Statistik Hero






Keunggulan dan Kelemahan
KEUNGGULAN

1. sangat berguna,fleksibel, bisa menjadi range, bisa juga jadi melee.
2. punya kemampuan untuk ‘permabash’ (bash/ministun yang ga akan pernah terputus durasinya)
3. tambahan AGI yang sangat tinggi tiap levelnya = 2.75
4. Untuk hero AGI, tambahan STR nya terbilang tinggi.
5. Dia memang ga punya disable, tapi dia punya yang lebih dari itu untuk membantu ngejar.. PERMABASH!!! Wahahaha..


KELEMAHAN

1. Sangat lemah dan sangat mudah dibunuh di early game
2, karena ga punya skill untuk kabur, sulit kabur dari bokongan,sementara bokongan di early ga akan pernah berhenti terjadi pada hero yang bisa menjadi paling beringas di late game ini.





SKILL
Berserker Rage


Jah'rakal goes berserk, using his throwing axes as melee weapons. He gains bonus damage, movement speed, attack speed, hit points, armor, and the Bash ability, but can only attack at melee range.
Toggle between Melee and Ranged, and gains Bash.
Mana Cost: 0
Cooldown: 0

Jahrakal melee mendapat tambahan di bawah ini :
+ 20 Movement speed, dan di level 4 menjadi + 30
+ 15 damage
+ 3 armor
+ 100 HP

Slain itu, ditambah juga skill ini...

Bash

Gives a chance that an attack will do bonus damage and stun an opponent for 2 seconds.

Level 1 - 10% chance to deal 20 bonus damage and stun for 0.8 seconds.
Level 2 - 10% chance to deal 30 bonus damage and stun for 1.2 seconds.
Level 3 - 10% chance to deal 40 bonus damage and stun for 1.6 seconds.
Level 4 - 10% chance to deal 50 bonus damage and stun for 2 seconds.


Whirling Axes


Troll is a master of the axe, learning axe skills in all forms of combat. When in melee form, summons magical axes to whirl around him in a circle. When in ranged form, Troll hurls a fistful of axes in cone formation.


Whirling Axes (ranged)

Troll hurls a fistful of five axes in a cone shape. Axes travel up to 900 range, slowing enemy units. Slows movement speed by 30%

Level 1 - Duration 3 seconds. deals 75 damage.
Level 2 - Duration 3.75 seconds. deals 75 damage.
Level 3 - Duration 4.5 seconds. deals 75 damage.
Level 4 - Duration 5.25 seconds. deals 75 damage.

Mana Cost: 50
Cooldown: 20
Casting Range : 900
AoE : 100*

Skill ini hanya berlaku untuk Troll Range
(*) AoE masing-masing Axe.


Whirling Axes (Melee)


Troll unleashes a set of magical axes which whirl around him in a circle. Nearby enemies take damage and have a chance to miss on their attacks.

Level 1 - 125 damage, 60% miss chance
Level 2 - 175 damage, 60% miss chance
Level 3 - 225 damage, 60% miss chance
Level 4 - 275 damage, 60% miss chance

Duration : 4/5/6/7
AoE : 450
Cooldown : 12
Mana cost : 50

Note: Kalau yang ini berlaku untuk Troll melee, Nuke sekaligus pengganti Blind :D


Fervor


When Jah'rakal engages an opponent, his animalistic nature grants him even greater proficiency in single combat. With each continuous blow on the same target, Jah'rakal gains understanding of the prey's defenses, increasing his attack speed by 20 per attack.


Level 1 - Maximum of 40 attack speed bonus
Level 2 - Maximum of 60 attack speed bonus
Level 3 - Maximum of 80 attack speed bonus
Level 4 - Maximum of 100 attack speed bonus

If Jah'rakal changes targets, his rage counter drops to half of where it was.


Ini skill early game mu yang membuat creeping mu smakin enak. Fokus ke satu target aj dengan begitu attack speed mu akan semakin bertambah per serangannya, kalau kamu mengubah target, total attack speed mu akan dikurangi setengahx.


Battle Trance


Jah'rakal unconsciously uses dormant magic to awaken the savagery of every warrior on the battlefield. Greatly increases attack speed for a short duration,
Level 1 - Increases attack speed by 60%
Level 2 - Increases attack speed by 120%
Level 3 - Increases attack speed by 180%

Duration: 10 Detik
Mana Cost: 75
Cooldown: 20 seconds
Rekor Skill penambah attack speed tertinggi ketiga saat ini (setelah Alleria dan ursa), dulu skill ini bernama Rampage menambah attack speed 120% , slain itu juga MS ditambah. Tapi tanpa tambahan MS apa ‘permabash’ nya akan berkurang? Tidak lah, skill ini tetap didukung fervor, kalau menyerang 1 target selama battle trance aktif dan level 4 fervor, troll akan mempertahankan kembali kejayaannya sebagai hero DPS paling ‘beringas’.




SKILL BUILD

1. Fervor
2. Whirling Axes
3. Fervor
4. Berserker Rage
5. Fervor
6. Battle Trance
7. Fervor
8. Berserker Rage
9. Berserker Rage
10. Whirling Axes
11. Battle Trance
12. Whirling Axes
13. Berserker Rage
14. Whirling Axes
15. Stats
16. Battle Trance
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Fervor : napa kali ini fervor di early game? Wajar aj klo km bilang fervor malah merugikan di early game, Itu dulu. Klo gitu ayo kita berdebat sedikit.... Fervor yang ‘lama’ adalah skill AURA, dan klo skill aura yang nambahin attack speed itu diambil di early game, creep2 juga akan mendapat aura itu yang akibatnya kamu kesulitan mengendalikan pergerakan creep, maksudnya creep mu dengan mudah membunuh creep lawan yang akhirnya dalam waktu singkat tower musuh udah ada di depan mata. Hal itu merugikan donk, km akan kesulitan nge-last hit, yang artinya kamu ‘miskin’.

Hari ini klo km mainin troll (map 6.60 ke atas) dan ngambil fervor di early game, km akan mendapat kenyataan sebaliknya, fervor kali ini skill yang paling berperan di early untuk troll. Okay, dari penjelasan panjang itu, sebenarnya inti yang aku mo bilang adalah fervor sekarang adalah skill PASIF dan bukan lagi aura, jadi yang menikmati adalah troll sendiri. Kalau ga ngambil skill ini di early game, kamu bakal nyesel ga bisa melihat kehebatan troll yang sesungguhnya di late game.

Selanjutnya soal fervor di early game, klo masih ad yang ga suka, dan tetap pake skill build up yang lama, dengan alasan apapun, aku siap kok nantangin ( cih.. blagu >.>)

Berserker rage : sama juga, dibutuhkan di early, tapi sebenarnya buat kabur aj sih, karena nambahin MS. Di early game Troll main range aj susah tuk mempertahankan HP tetap ijo, apalagi troll melee.

Whirling Axes: cukup satu level di early untuk slownya, sangat berguna buat ngejar atau kabur kalo dibokong. Sisanya mentokin di mid untuk durasi slow lebih lama, dan durasi Miss (sebagai pengganti blind) lebih lama juga untuk troll melee.

Battle trance : Durasinya makin singkat tapi sudah sama rata untukmu dan temanmu, tambahan AS nya makin bertambah. Cooldown jauh lebih singkat dari rampage, hanya 20 detik. Menurutmu dengan skill ini troll makin ‘Imba’ atau udah balance (imbang) dengan yang lain? Ambil kapanpun bisa.




Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

WRAITH BAND


Ini yang terbaik buat troll, dibanding bracer dan null. Tapi, klo ga terbiasa main dgn HP dibawah 700 (early game) kusaranakan beli 2 bracer.


PHASE BOOTS


Udah lihat skill build up di atas? Fervor di early game, lalu apa gunanya fervor level tinggi di early klo ga di dukung MS yang baik...Kali ini yang harus dikejar pertama kali oleh troll di early adalah Movement Speed. Sepatu ini lebih cocok dari PT meski nambahin attack speed, kamu akan mendapatkan attack speed yang lebih banyak dari yang bisa diberikan PT nantinya, yang penting tambahan MS phase boots (aktif) lebih tinggi dari PT, cukup murah untuk mendapat MS yang sesuai kebutuhan.


HELM OF DOMINATOR


Kenapa tetap beli ini? Ada hubungannya dengan perubahan fervor juga. Aku jelasin di strategy...




EARLY STRATEGY

Drafting...

Jangan pick Jara:
1. Kalau tim masih kekurangan hero support.
2. Tim kalian kekurangan Ganker.
3. Dan banyak yang memakai Disabler.

Pick Jara:
1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero 1 vs 1.
2. Tim kalian butuh carry.
3. Butuh permabasher
4. Ngefans sama "Trolls"


Peran:
Carry/Semi-Carry = Ya!
Ganker/Disabler = farming aj yah...
Nuker/Pusher = ngga
Support/Warder = no-no..
Initiator = Tidak!
Tanker/Semi-Tanker = Jangan....


Lane

Selamat dah, kamu megang hero yang lumayan terjamin masa depannya ( late game). Klo main mode –ap ( 600 gold) beli 1 wraith dan tango. Klo mode –ar atau dapat random, gold 850, beli 1 wraith, 1 tango , dan 1 circlet, lalu ke lane.


Nah, ada 3 pilihan lane nih, sekarang lihat potensi troll tuh dimana, disarankan di lane atas atau bawah aj, tujuannya adalah biar cepat jadiin dominator karena masing2 ada secret shopnya. Jangan solo mid karena bisa aj lawan mu nukers, yang pasti first blood itu ada di lane mid, tp kenyataannya kamu yang dibunuh ^^, kamu bakal dicicil2 terus, makanya jangan...

Kalau udah di lane atas/bawah, sekarang ngapain? Melakukan creep blocking ?(menahan laju creep yang MS nya lebih tinggi darimu(tnpa spatu),dengan berjalan tepat di depan creep paling depan ), atau ga ngapain2 diam aj berdiri nunggu ‘sangkakala’ bebunyi? keduanya salah bung, klo kamu troll ....TUNJUKKAN klo kamu itu emang troll. Cek power up!! PU akan muncul bersamaan dengan gelombang pertama creep muncul, cek di sungai tempat PU byasanya muncul ( uda tau lom?kuharap udah) emang sih kemungkinannya fifty-fifty, tapi klo kamu berhasil silahkan lakukan strategy ini :

-HASTE : tunggu sampai creep yang baru muncul itu berjalan sampai di tower kedua markasmu, lalu kamu ambil, lari.. ajak seorang teman ‘ganker’, lalu bunuh targetmu,untungnya skill pertama adalah fervor. Dengan MS 522 di early, kemungkinan target kabur adalah NOL %.

-REGEN : jiahh, tinggalkan aj, tp beritahu teman setimmu soal regen itu.

-DOBLE DAMAGE : BLACKJACK!! Ambil pada saat yang sama seperti ‘haste’, lalu langsung majuin lawan dan serang dia beberapa kali (beberapa kali yang kumaksud adalah yang bs membunuhnya)

-ILUSION : mayan, ambil pada saat yang sama pula dgn haste,bawa ke lane untuk diajak nge-last hit.

Ada beberapa kemungkinan siapa menjadi lawanmu di lane, masing2 strategy nya juga beda..

#1 lawan melee : waw, mudah nih, karena lawanmu melee, jgn biarkan dia mendekat untuk nge-last hit, posisimu harus sedekat mungkin dengan creep lawanmu, jangan gunakan ‘melee’ mu, dengan attackmu yang range, musuh akan berpikir untuk terlalu dekat, biarkan dia berdiri diam dibelakang seperti anak tk menunggu ayahnya membawakanx payung ^^.

#2 lawan melee : lumayan lah, tp kali ini km mesti jaga jarak, ini ga semudah menghadapi 1 hero melee, karena klo kedua hero melee itu udah level 4, mereka bisa membunuhmu dengan sangaaaat mudah.

#1 lawan range : seandainya hero DPS seperti km yg juga bs ‘range’, ga perlu repot2 main safe di early untuk persiapan late game, tetap jaga jarak, hero range sangat kuat di lane early game, lakukan seperti byasa last-hit dan deny, jangan ribut dulu,, yang berbahaya adalah spell ‘damage mereka.

#2 range : Ouch! Susah nih, masa depanmu (late game ) kali ini belum jelas,heheheh. Mundur aj klo mereka mencoba maju menguasai area crep untuk mencegahmu nge-last hit, lalu minta bantuan teman.


DI level 7 mestinya phase boots dan 2 wraith band mu udah jadi, dan kalau udah mau bunuh, lakukan aj, gunakan phase boots sellau untuk mengejar lawan yang kabur. Klo belum mau, lanjut creeping, sampai dominator mu jadi.

Sebenarnya attack ‘animation’ troll juga bisa di potong, ayo lihat..

Photobucket

lemparan pertama adalah serangannya,dan gerakan tangan yang satunya lagi itu hanya ‘animasi attack’ nya, jadi lakukan animation cancelling, sebenarnya trik itu hanya berguna di early game buat troll, klo udah mid-late game kamu ga usah repot2 lagi kan :P

Oh ya, kalau lawanmu punya sense yang bagus, ga heran klo sasaran bokongan mereka akan selalu ke TROLL (kamu), sabar aj buu..




MID ITEM

SANGE AND YASHA


Sange and yasha menambah MS yang bisa untuk menutupi battle trance yang tidak menambah MS lagi. Selain itu stats AGI juga yang artinya menambah attack damage dan armor. Efek slownya akan membuatmu semakin mudah membunuh. Permabash + maim, awkawk.


CRYSTALIS


Dengan harga 2200, kamu sudah bisa dapat critical strike sebanyak 1.75 total damage, dan hero2 DPS seperti troll juga sebenarnya potensinya disini, critical muncul secara pasif dengan persentasi terpicunya 10% , untuk hero dewa-nya AS kayak jahrakal ini? 10% itu kecil banget.




MID STRATEGY

ea.. mid game, waktux untuk semua hero meninggalkan lane, dan maju untuk bokong lawan.

Klo lawan di lane mu ga ada, kabari temanmu lewat ‘chat’ dgn bilang ‘miss’, atau ‘mia’, atau 0 (nol)

Karena udah punya dominator, berarti udah enak ngutannya. Lifesteal dan level 4 fervor adalah kombinasi nyerang sekaligus pertahanan yang sangat hebat untuk mid game.

Perhatikan minimap, klo kamu sedang di lane, dan ga ada satupun lawan di lane itu, lalu di minimap banyak lawan yang ga terdeteksi, kamu punya 3 pilihan,

1. mendekat ke tower
2. pulang ke markas (tele)
3. LAWAN!

Umumnya, orang bakal mendekat ke towernya, karena kalau pindah lane, bisa saja lawan2 yang ga jelas posisinya itu menargetkan tower yang sedang km defense, artinya mereka bisa menghancurkan tower mu. dan kalau lawan, hmm... belum saatnya nak!

Okay, sekarang aku ngasih tau lagi kenapa pakein troll ‘Dominator’. Karena dominator bisa lifesteal ? benar sih, tapi slain itu ada lagi tujuan kita pakein troll ini dominator. Lifesteal udah kamu punya, klo gitu udah ada modal buat creeping di utan juga. Nah, selain gold, creep hutan juga memiliki potensi yang besar selain gold dan Exp nya, yang kumaksud adalah creep2 utan dibawah ini :



Spoiler Statistik



Dark Troll warlord punya ‘ensnare’ yang akan kamu gunakan untuk ngebokong lawan seorang diri. Gunakan Ensnare untuk menangkap lawan yang kabur.



Photobucket

Spoiler Statistik



Yang ini stats nya payah, tapi creep ini sangat berguna karena memiliki ‘purge’.



Photobucket

Spoiler Statistik



Nah, yang satu ini ga membantumu mencegat target kabur, tp dengan command aura nya ( 30% extra damage ) , sama aj dengan kamu seharian nge-date ama ‘venge’.



Dan ini lokasi creep2 utan tadi..
Spoiler Screenshot



Okeh, klo aku paling suka dominate si troll (sodara sendiri ) dengan ensnare,’bash’ makin ga bisa terputus.


Targetmu adalah hero2 low HP dan MS. majuin, aktifkan whirling dan berserker rage ( tujuanmu adalah ‘bash’ yang ga bisa berhenti dengan kecepatan attack speed, bahkan menjadi melee pun lawan ga ada kesempatan nyentuh kamu) lalu aktifkan battle trance, buh-buh-buh-buh....(kek komik aj^^), klo dia kabur lempar senjata terakhir, ‘Ensnare’. Klo km kesulitan mengendalikan unitmu, link ini akan membantumu.. MICRO]

Klo ada waktu kosong, creeping di utan, jadi ‘melee’ lalu aktifkan battle trance. Kalau ketemu hero di utan (tujuanmu harusnya juga nyari lawan yang lagi utan ), dan kbetulan posisinya jauh dari ‘melee’ mu, ubah attack mu jadi ‘range’ lg dan abisin. Kebanyakan orang seringkali lupa mengubah attack nya jadi range atau jadi melee, aku sendiri bgitu sih :P

Ayo jadiin crystalisis, klo uda punya critical strike, mestinya kamu udah bisa killing spree atau dominating atau bahkan lebih. Dan kali ini solo roshan pun juga udah bisa, pastikan sebagian besar teman dan lawan mu muncul di mini map, lalu pergilah ke tempat roshan dan dapatkan aegisnya. Solo roshan emang bisa dilakukan semua hero DPS di Late game, tapi troll dengan level 16 aj udah bisa solo roshan, tapi itu bukan apa-apa, masih ada 2 seniornya lagi yang bisa melakukannya, yaitu brood di level 11 dengan level 2 insatiable hunger udah sanggup merobohkan roshan sendiri (bareng anak2 nya tentu). Dan yang megang rekor saat ini adalah Ursa Warrior, hanya dengan level 4 fury swipes dan level 1 ENRAGE , ursa bisa merobohkan roshan di level 7.

NOTE: aku pernah lihat banehallow juga bisa melakukannya pada LEVEL 1, dengan bantuan kedua srigalanya, tapi karena memakan waktu setengah jam, kurasa itu hanya untuk fun2 aj...




LATE ITEM

BKB


Salah satu survavibility lg, dan wajib untuk troll, dengan beli bkb, item kamu udah jadi, dan bisa aj km ‘Godlike’ sekarang.


The Butterfly


Item ini memberimu pertahanan dari physical damage juga (dengan evation) sekaligus menambah lagi stats AGI mu. Troll yang sudah megang ini sudah bisa membunuh siapapun dengan sangat cepat.


ALTERNATIVE

MAELSTORM


Kamu ga harus selalu beli helm of dominator, item ini juga cocok buat troll, chain lightning juga membantumu creeping.


STYGIAN DESOLATOR


Item yang bagus, kamu bisa melakukan ‘permabash’ sekaligus memotong armor lawan untuk mendapatkan damage yang lebih besar. Beli ini sebagai alternatif dari dominator juga. Klo mau beli ini, beli vlad sebagai item lifestealmu.



LUXURY

Satanic


Upgrade Dominator! kamu kamin tebal, lifesteal makin sakit.




Buriza do Kyanon


Upgrade juga crystalismu, woaah pukulanmu pasti jadi makin sakit banget!



 

AEGIS


Sebenarnya ini bukan item core troll di late game, tapi klo km ngerasa bisa bunuh roshan, dengan potensi itu, aegis otomatis menjadi item core.


Divine Rapier
(Credit : IceFrog )



Kalau seluruh core sudah diperoleh, apalagi Aegis juga sudah ditangan, saatnya naikin Damage dengan item damage nomor satu ini. Selalu hati-hati karena musuh akan berusaha 'menjatuhkannya'.


LOTHAR’s Edge



Salah satu item yang bisa kamu gunakan untuk kabur, sbnarnya BKB aj udah cukup, terserah kamu...


ASSAULT CUIRASS


Bagus juga, nambah attack speed, tp ga masuk prioritas seperti item2 core di atas.


BLOODSTONE


Lumayan, klo mati ga harus ngebayar banyak gold. Slain itu bisa ‘respawn’ lebih cepat dari yang seharusnya.


EUL SCEPTER


Yang bagus dari item ini tentu tambahan 20 MS nya, lalu cyclone untuk kabur


MANTA STYLE


Item luxury yang sebenarnyatidak begitu dibutuhkan, tapi lumayan untuk membingungkan musuh kamu Range atau Melee. Jadi keluarkan ilusi saat posisi range, baru setelah itu ganti ke melee..


Item Counter Jahrakal!




Jangan beli ini

BATTLE FURY


Bash ga bisa ‘cleave’, regennya ga membantu, untuk HP mending jadi vampir aj. untuk mana, tanpa item ini skalipun, pake battle trance berkali2 jg ga bakal kering manamu.


AGANHIM


???


Hm...
Okay2, ngaco aj nih, tapi sumpah... pernah lihat ada pemain yang beliin item2 di atas untuk troll.



LATE STRATEGY

Klo Dark troll warlordmu masih hidup dan mananya udah abis, bawa ke fountain, karena creep ga punya mana regen. Selama dia di fountain,klo uda bisa dominate creep lainnya, dominate lagi salah satu creep utan yang kujelaskan di mid strategy.

Troll sangat menguasai Late game, tapi kadang orang2 lupa betapa rapuhnya hero ini klo skill2 nya ga bisa digunakan atau salah menggunakannya, karena itu, ini strategy troll klo mau war..

1. Menunggu...jangan pernah mulai ribut klo ga ada teman ‘Tanker’ mu di sekitar situ, tunggu sampai tanker itu datang.

2. Jangan nyerang dengan ‘melee’ saat mulai war, nyerang dengan ‘range’ dulu (berserker rage OFF). Ga mungkin kan klo ga ada satupun lawanmu yang hero ‘Late’ juga.

3. Klo lawan udah banyak yang menggunakan ultinya ( HP teman tanker jg udah kuning ), baru kamu MAJU NYERANG ‘MELEE’-basher dan Battle trance aktif, klo masih ragu dengan stunner lawan, aktifkan BKB, majuuu, hancurkan..atau bunuh!

Gunakan Ensnare/purge hanya klo itu perlu digunakan, dan klo ada alpha wolf, usahakan srigala itu selalu beara di dekatmu atau dekat dengan temanmu yang hero2 DPS juga, maksudnya byar 30% extra damage nya ga sia-sia.

Kurasa itu aj, nah slamat menikmati troll IMBA ‘Holyshiit’ berkali2. (someone kill him)




FRIENDS

Emang troll punya teman yah,wkwkwkwk. Sendiri aj udah bisa beyond godlike, masih butuh teman ka? Tentunya, troll ga mungkin pernah bisa ‘jadi’ tanpa bantuan teman2 nya. Siapa saja bisa jadi teman baiknya troll, tp seperti biasa tentu ada hero yang bisa memberikan ‘lebih’ untuk troll, seperti hero yang bisa ngisi HP ato menambah ketahanan troll di early-mid game,seperti Omniknight, Lich, Dazzle, Abaddon, Huskar,warlock,necrolyte, dll. Slain mereka stunner dan disabler juga bisa memberikan ‘lebih’ tuh.





ENEMIES
GANKERS


Di early game, mereka akan seperti ‘kuman’ buat mu, menghambat pertumbuhanmu, dan kalau mereka selalu berhasil membunuhmu, masa depanmu (late game)bakal ikutan suram. Counter nya sih, beli observe ward,pasang di hutan, atau main safe,selalu dekat tower,meski itu ga akan membantu menolong mu dari ‘meat hook’ nya pudge sih ..( T_T)...



Axe


Rampage rame-rame akan semakin mempercepat terpicunya Counter helix.


DISABLER

Slain ganker, disabler juga perlu kamu waspadai di early game, mereka punya tujuan yang sama dengan para gankers.


Permabasher


Saingan terberat permabasher adalah permabasher juga, masing-masing punya metode sendiri untuk bisa mencapai permabash. Soal Attack speed memang kamu juaranya, tapi kalau dia menggunakan skill-skill penunjang?disable atau stun memang bisa dihalau dengan BKB, tapi kalau chrono?


Obsidian Destroyer


Melihat INT mu yang sangat sedikit, Efek Sanity's Eclipse hero ini bisa menjadi salah satu instant kill buatmu.




CLOSING

Jadi troll adalah Hero carry yang kompeten. seperti carry lainnya, dia sangat lemah di early- mid game, tapi sebaliknya, di late game dia menjadi salah satu hero yang paling ditakuti di game ini, karena Attack speednya (Baca: PERMABASH)


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)